Leave a comment

Angkat Beban Memicu Kebotakan pada Pria?

Penipisan rambut yang memicu kebotakan permanen merupakan masalah yang banyak dialami para pria dewasa. Banyak yang meyakini olahraga angkat beban yang berlebihan bisa mempercepat kebotakan. Benarkah demikian?

Jenis kebotakan paling banyak dialami pria adalah kebotakan berpola (pattern baldness), yakni 95 oleh persen pria. Faktor pemicu yang paling dominan pada jenis kebotakan ini adalah genetik sehingga sifatnya diturunkan dari orangtua ke anaknya.

Penipisan rambut pada pria biasanya dimulai pada usia 21 tahun. Ada banyak faktor yang mempercepat terjadinya kebotakan, antara lain stres, penggunaan obat-obatan dan kekurangn nutrisi seperti protein, zink, magnesium, kalsium dan zat besi.

Dr Jeffrey Rawnsley dari University of California, Los Angeles mengatakan faktor lain yang mempercepat kebotakan adalah hormon testosteron. Kelebihan kadar hormon ini akan diubah menjadi dihydrotestosterone (DHT) yang bisa menyebabkan folikel rambut mengecil dan memicu kerontokan.

Dikutip dari CNN, Senin (13/12/2010), olahraga terutama yang melibatkan beban berat dapat meningkatkan produksi testosteron. Menurut Dr Rawnsley, faktor ini bisa mempercepat terjadinya kebotakan berpola pada pria yang secara genetis sudah memiliki risiko tersebut.

Selain itu, para pria yang melakukan olahraga angkat beban biasanya juga mengonsumsi suplemen anabolik steroid untuk membantu pembentukan massa otot. Karena suplemen ini dapat meningkatkan produksi testosteron, maka cukup masuk akan jika dinilai meningkatkan risiko kebotakan.

Namun demikian, efek dari olahraga angkat beban terhadap kebotakan tidak akan muncul serta merta. Karena siklus pertumbuhan rambut cukup lama yakni antara 3-5 tahun, maka efeknya akan muncul dalam jangka panjang sehingga tidak terlalu dirasakan.

Meski dalam jangka panjang bisa mempercepat kebotakan, bukan berarti tidak ada manfaat dari olahraga angkat beban. Peningkatan kadar testosteron akibat olahraga ini terbukti baik untuk meningkatkan gairah dan performa seks pada pria.

Selain itu olahraga ini dapat memberikan manfaat bagi kepadatan tulang, meningkatkan metabolisme dan membakar banyak lemak. Oleh karena itu angkat beban juga cocok untuk para pria yang ingin menurunkan berat badan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s